6 Skill Ini Mungkin Kamu Butuhkan Usai Pandemi

Skill usai pandemi. Seperti halnya tak seorang pun yang pernah menduga bahwa virus corona akan datang dan menjungkirbalikkan dunia, tak seorang pun juga yang tahu akan seperti apa dunia setelah virus corona pergi. Tetapi satu hal yang pasti, hidup tidak akan kembali seperti yang kita pernah tahu sebelumnya. Lantas, apa itu berarti buruk?

Tentu saja tidak. Saat itu, bisa jadi akan ada banyak skill atau keterampilan baru yang bermunculan. Pun demikian dengan lapangan pekerjaan. Tak tertutup kemungkinan peluang baru akan mulai berdatangan. Nah, pertanyaannya sekarang, sudahkah kita memastikan bahwa kitalah kandidat yang tepat untuk semua itu?

Sebuah laporan oleh Deloitte Access Economics, sebagaimana dilansir Topuniversities, menganggap bahwa dua pertiga dari semua pekerjaan pada tahun 2030 akan terdiri dari pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan keterampilan-keterampilan lunak, jadi mengembangkan dan meningkatkan ini adalah kuncinya.

Kepemimpinan

Salah jika kita berpikir bahwa hanya atasan saja yang membutuhkan keterampilan dalam memimpin. Karena nyatanya, keterampilan ini tidak hanya tentang mengawasi atau mengatur orang lain. Ini juga tentang mengkomunikasikan strategi dan visi kita sambil mendorong orang lain dan menerima masukan dari rekan kerja dan atasan.

Seorang profesional dengan keterampilan yang kuat dalam kepemimpinan, termasuk cara menghasilkan yang terbaik dan menginspirasi tim serta mendorong kolaborasi, akan diminati. So, siap-siap!

Fleksibel dan Mudah beradaptasi

Skill lainnya yang mungkin akan kita butuhkan usai pandemi nantinya adalah kemampuan untuk beradaptasi dan menerima keadaan. Ya, selama hampir setahun ini, sebagian dari kita mungkin telah belajar banyak mengenai kedua hal tersebut. Dimana kita mencoba membiasakan diri dengan berbagai perubahan. Dari yang sebelumnya bekerja di kantor, lalu berpindah ke rumah. Dari yang sebelumnya terbiasa berkumpul bersama teman, lalu mulai menjaga jarak, dan sebagainya.

Kesemua itu, dan bagaimana kita berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan, sejatinya merupakan keterampilan penting yang akan diperhatikan setiap pemberi kerja. Kemungkinan, cara kerja baru ini akan bertahan bahkan setelah pandemi berlalu.

Berpikir Kritis

Keterampilan lain yang akan sangat penting ketika ekonomi global kita pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh COVID-19 adalah pemikiran kritis. Terlebih saat ini, ketika berita palsu dan data yang tidak valid banyak bertebaran, dan butuh perjuangan untuk memilahnya.

(Baca juga: 5 Soft Skills yang Paling Dibutuhkan di Bidang Pelayanan)

Sebab itu, keterampilan untuk dapat berpikir jernih dan rasional dalam mengevaluasi sesuatu menjadi hal yang sangat penting.

Tech Savvy

Bahkan sebelum virus corona datang, kesenjangan keterampilan digital yang semakin besar terlihat jelas di seluruh bisnis di seluruh dunia. Faktanya, 82 persen lowongan kerja sekarang membutuhkan semacam keterampilan digital.

Namun, pandemi telah mempercepat kebutuhan yang mendesak akan keahlian digital khusus untuk membantu bisnis menjadi lebih selaras dengan berbagai teknologi dan platform saat ini.

Dengan Revolusi Industri Keempat di depan mata, investasi tidak hanya dalam teknologi tetapi juga pada orang-orang yang memahami teknologi. Andakah salah satunya?

Komunikasi dan Kecerdasan Emosional

Memiliki kecerdasan emosi yang baik berarti menyadari, dan menunjukkan empati terhadap emosi dan perilaku orang lain yang sangat penting, terutama ketika orang merasa tidak nyaman. Dan di sinilah keterampilan komunikasi yang baik sangat penting; karena banyak dari kita terus bekerja dari rumah, kejelasan dalam email dan pertemuan virtual adalah suatu keharusan untuk memperkuat kepercayaan dan mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi.

Orang-orang dengan EQ yang kuat akan didambakan oleh organisasi dari semua ukuran dan di semua industri.

Kreatif dan Inovatif

Siapa bilang kreativitas hanya milik mereka yang berkiprah di industri kreatif. Nyatanya, ini juga penting di setiap industri dan sektor. Di tahun-tahun mendatang, lanskap bisnis akan perlu berkembang dan beradaptasi dengan cepat. Sebab itu, siapa pun yang ingin bekerja dalam bisnis harus dapat memanfaatkan pola pikir kreatif mereka untuk mengarahkan bisnis melalui tantangan dan peluang yang dimiliki.

Dalam dunia pasca-virus corona, para pemberi kerja membutuhkan orang-orang yang tak hanya mampu untuk menciptakan, tetapi juga memimpikan produk dan menemukan cara kerja baru.

0 responses on "6 Skill Ini Mungkin Kamu Butuhkan Usai Pandemi"

Leave a Message

top
© 2021 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy